Service & Garansi

Service Mikroskop kepada bagian mekanik dan bagian optik. Bagian tersebut seringkali mengalami kelainan/ketidakberfungsian. Ini bisa diakibatkan dari beberapa faktor diantaranya : usia mikroskop, jenis/type mikroskop, intensitas pemakaian, dan perilaku pemakai dan lokasi/tempat penyimpanan.

Ketidakberfungsian pada mekanik antara lain untuk beberapa jenis mikroskop biasa terjadi adalah selalu merosotnya tabung (tempat okuler) dan revolver (tempat lensa objective) sehingga pengamatan menjadi tidak bisa fokus. Perilaku pemakai yang menyebabkan lensa berjamur antara lain tidak pernah membersihkan kembali (dengan tissue lens) terutama setelah menggunakan pembesaran kuat (missal lensa objective 100x). Mikroskop yang tidak di simpan di temapt sejuk, kering, bebas debu dan bebas dari uap asam dan basa, tidak ada silica gel, tidak ada penerangan yang cukup juga akan berpengaruh terhadap pertumbuhan jamur pada lensa/bagian optik mikroskop.

Beberapa hal yang dilakukan (tindakan perbaikan) :

  1. Perbaikan/penyetelan fungsi-fungsi mekanik dilakukan terhadap bagian-bagian yang mengalami kerusakan (misal tabung merosot/turun sendiri, makro dan micrometer rusak, revolver kendur/copot, meja penggeser rusak, dll) dilakukan penyetelan dan sedikit modifikasi bagi mikroskop yang sudah ‘aus’ tidak akan bisa dimaksimalkan sebagaimana barang asli dari pabrik/produsennnya. Tapi walaupun demikian fungsi mikroskop insyaallah akan kembali optimal dengan tindakan yang sudah saya lakukan. Contoh kasus, misalnya RODA MAKROMETER/GERIGI TABUNG RONTOK (karna bahannya berasal dari bahan plastik) ITU TIDAK BISA SAYA PERBAIKI, HARUS DIGANTI.
  2. Pembersihan kepada bagian lensa/optik dengan beberapa cairan pembersih jamur (dari jamur/kotoran tingkat rendah sampai dengan ketegori jamur “membandel”) dibersihkan. Kalau dari berbagai kotoran tersebut insyaallah akan bisa saya bersihkan dan sistem lensa akan kembali optimal sebagaimana mestinya. Tapi kalau kotoran/kerusakan di luar factor kotoran tersebut misalnya coating lensa sudah kena/tergores/terluka ITU TIDAK BISA SAYA BERSIHKAN/NORMALKAN.
  3. Pembersihan terhadap bagian bodi mikroskop dengan cairan pembersih sehingga mikroskop akan terlihat bersih dari kotoran/debu yang menempel.

BERGARANSI ????

Mikroskop yang sudah diservice akan optimal dalam hal fungsi mekanik maupun optik. Hal apa yang harus diperhatikan setelah mikroskop diservice bisa klik disini. Bagian mekanik akan BERGARANSI minimal 6 bulan. Karena berdasarkan pengalaman mikroskop yang sudah saya service, saya akan kembali memperbaiki setelah 2 tahun atau 3 tahun bahkan ada yang setelah 4 tahun, walaupun waktu tersebut bukan waktu IDEAL untuk berapa kali sebaiknya mirkoskop diservice (idealnya mikroskop diservice tiap semester).

Bagian optik TIDAK BERGARANSI ……..karena jangankan beberapa bulan, dalam hitungan hari atau minggu, lensa tersebut akan cepat kotor/berjamur kalau perilaku pemakai tidak mengerti dan paham betul penggunaan dan perawatan mikroskop dengan benar. Contoh kasus seseorang bekerja dan menggunakan mikroskop untuk mengamati bakteri (bakteri pembesarean 100x/1000x, posisi objective menempel langsung dan harus menggunakan minyak imersi, kalau bekasnya tidak dibersihkan maka akan menempel pada objektif beserta pewarna dan mengering (kotor akhirnya). Artikel mengenai bagaimana menggunakan mikroskop yang benar bisa klik disini.